Sabtu, 13 Agustus 2016

Buku Penjas Orkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) untuk Siswa SD/MI Kelas IV


Buku Penjas Orkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) untuk Siswa SD/MI Kelas IV merupakan buku yang telah dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 147/P/2016. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Buku ini hadir sebagai referensi utama dalam pembelajaran Penjas Orkes pada jenjang pendidikan dasar, khususnya
kelas IV.

Cakupan materi utama dalam buku ini terdiri atas variasi gerak dasar melalui permainan bola besar dan bola kecil, variasi gerak dasar olahraga, pencak silat, kebugaran jasmani, aktivitas senam lantai, aktivitas gerak berirama, renang gaya bebas, cedera dan penanggulangannya, serta perilaku terpuji. Seluruh materi utama tersebut diklasifikasikan menjadi 10 pelajaran, yaitu Pelajaran 1: Variasi Gerak Dasar Melalui Permainan Bola Besar, Pelajaran 2: Variasi Gerak Dasar Melalui Permainan Bola Kecil, Pelajaran 3: Variasi Gerak Dasar Gerak Olahraga, Pelajaran 4: Pencak Silat, Pelajaran 5: Kebugaran Jasmani, Pelajaran 6: Aktivitas Senam Lantai, Pelajaran 7: Aktivitas Gerak Berirama, Pelajaran 8: Renang Gaya Bebas, Pelajaran 9: Cedera dan Penanggulangannya, dan Pelajaran 10: Perilaku Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari.

Pembelajaran dalam buku ini memadukan teori dan praktik langsung, terutama hal yang berkaitan dengan gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, serta gerak manipulatif melalui sebuah permainan. Selain itu, penerapan sikap dan karakter pun dipadukan dalam pembelajaran, baik dalam pembelajaran penjas orkes maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh materi tersebut disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Untuk mendukung pemahaman, disertakan juga gambar dan ilustrasi berkaitan dengan materi yang disajikan. Hal lainnya adalah komponen pendukung lainnya, seperti aktivitas pengamatan, diskusi, dan penjas orkes dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan. Hal tersebut dirancang untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang interaktif agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pada akhirnya, siswa dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar